Senin, 17 Januari 2011

CARA MEMBUAT DENGAN DATABASE SQL

Sebelum membuat databasenya perlu diketahui pada sistem operasi anda harus sudah terinstal aplikasi yang mendukung kerja kita dalam membuat database dengan menggunakan bahasa pemograman SQL. Kali ini saya menggunakan aplikasi “xampp” karena aplikasi ini bisa mendukung/ mempermudah kerja kita dalam membuat database ini.

1. Bila aplikasi xampp-nya sudah terinstall dan apache, mysql, dan filezilla sudah running, lalu buka internet explorer lalu ketikkan “localhost/phpmyadmin” untuk membuka halaman phpmyadmin bawaan xampp.
2. Akan tampil halaman seperti dibawah ini. Ketikkan nama database yang akan anda buat pada ‘Create new database’, dalam hal ini nama databasenya adalah “data_perpustakaan”. Lalu klik Create.


3. Tertulis di atas sendiri Server: localhost>Database: data_perpustakaan itu berarti menandakan bahwa database data_perpustakaan telah berhasil dibuat. Disitu juga tertulis ‘No tables found in database’ yang berarti tidak ada tabel pada database ini. Untuk membuat tabel baru ketikkan nama tabel pada Name pada ‘Create new table on database perpustakaan’ dan ketikkan jumlah field yang akan mengisi tabel tersebut pada ‘Number of fields’. Lalu klik tombol Go untuk melanjutkan.


4. Akan muncul halaman seperti ini. Masukkan nama field pada kolom ‘field’, kemudian typenya pada ‘Type’, panjang data pada ‘Length/Values’, jika ingin menetapkan sebagai primary key klik option pada primary. Jika sudah semua klik ‘Save’.


5. Tertulis table buku telah dibuat. Dan juga ada bahasa SQL-nya


6.Buatlah tabel-tabel lainnya, isi-isinya tentukan sendiri.
7.Untuk merelasikan tabel yang telah anda buat, klik databasenya yang akan anda relasikan lalu klik designer seperti gambar di bawah ini.


8. Tentukan field mana yang akan dihubungkan lalu pilih juga field pada tabel lain. Lalu klik ‘Save’. (ID_buku -> ID_buku)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar